Jumat, 19 Juni 2015

Review Minion 2015

Minion adalah prequel dari Despicable Me (2010). Film ini mengisahkan asal muasal minion, mahluk putih seperti banana yang menggemaskan. Dikisahkan Minion sudah berjuta juta tahun hidup dibumi dan melayani mahluk paling kuat di setiap zaman.
Film ini berdurasi 90 menit dan sangat cocok untuk hiburan keluarga. Untuk review kali ini, saya akan menulis tuntas gamblang tanpa membedakan spoiler atau non spoiler. Alur film ini mudah ditebak hanya dengan melihat trailernya. Apalagi yang penting di film ini bukan alurnya tapi tindakan para minion yang konyol dan bikin tertawa.

Jalannya cerita. 
Minion sudah ada sejak bumi baru dihuni hewann bersel satu, lalu berkembang mengikuti evolusi sampai minion ikut berevolusi kedaratan. Mereka selalu mengikuti mahluk paling buas dan paling jahat di zamannya.  Pertama tama mereka mengikuti hewan laut seperti hiu, lalu pindah kedarat dan melayani TRex, zaman berganti mereka melayani manusia purba, lalu melayani Firaun mesir, melayani drakula sampai melayani Napoleon.

Setelah melayani napoleon, mereka mengasingkan diri di gua selama berabad abad. Tanpa tuan, para minion tidak semangat hidup dan akhirnya Kevin mencoba menjadi pemimpin dan mengajar Bob serta Stuart untuk mencari Penjahat paling kejam didunia. Petualangan mereka akhirnya membuat mereka sampai di New York tahun 1968. Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan keluarga penjahat yang merampok bank. Tanpa sengaja minion menembakan roket ke para polisi dan bersama keluarga penjahat ini, minion ikut ke orlando untuk ikut acara Villian Con. Acara konferensi khusus untuk para panjahat.

Disini ada adegan yang menurut saya sangat lucu, mereka melihat beberapa stand pameran dan menawarkan diri menjadi kaki tangan penjahat, Salah satu stan penjahat ini adalah evil jenius seperti einstent yang bisa menciptakan mesin waktu. Nah evil jenius ini mirip einstent dan membuat mesin waktu untuk mengirim dirinya sendiri dari masa depan kemasa kini. Permasalahannya, tanpa sengaja, evil jenius ini yang datang dari 2 minggu yang lalu membunuh evil jenius saat ini, efeknya evil jenius ini panik dan hilang satu persatu.

Disini akhirnya mereka sukses menjadi pembantu Scarlet Overkill. Scarlet ingin mencari pembantu yang kuat, dia meminta para panjahat untuk merebut berlian dari tangannya. Semua penjahat gagal namun tanpa sengaja berlian masuk ke mulut Minion Bob, akhirnya tiga minion ini dijadikan pembantu scarlet.

Scarlet dan 3 minion ini akhirnya kembali ke london (karena itu rumah scarlet) dan para minion ditugasi untuk mencuri Mahkota Ratu inggris. Saat 3 minion ini gagal mendapatkan mahkota ratu inggris dan di kejar polisi kerajaan, Minion bob, mencabut pedang legendaris di halaman istana dan menurut legenda, siapapun yang berhasil mencabut pedang legenda tersebut jadi raja.

Akhirnya, Bob dinobatkan jadi raja. Merasa dikhianati, Scarlet melakukan balas dendam kepada Minion. Nah cerita masih berlanjut. Yang jelas ada dua fakta tentang scarlet. Pertama, scarlet bukan Ibu Gru, banyak rumor bilang dia ibu gru tapi nyatanya bukan. Berbeda dengan penjahat sebelumnya, Scarlet tidak mati karena kecerobohan para minion.

Saat adegan di london, banyak hal hal yang sifatnya pop culture dimasukan kedalam film dan sedikit yang tahu inside joke ini. Salah satu inside joke yang lucu adalah saat minion masuk gorong gorong dan berusaha keluar dari gorong gorong, The beatles sedang melakukan pemotretan di Abbey Road.Masih banyak inside joke yang sebenarnya lucu namun saat saya menonton jarang yang ketawa karena ga tau dimana lucunya.

Kualitas film 

Dibanding dua film sebelumnya, alur cerita film cenderung datar dan dari kisah filmnya bagus Despicable Me 1 dan 2. Yang saya rasakan, minion itu seperti makanan lezat, kalau kebanyakan jutru nikmatnya berkurang. Hampir semua adegan ada minion sehingga sensasi lucunya berbeda dibanding di Despicable Me.

Bagi saya sendiri, film ini terbagi menjadi 3 segment. Segment pencarian Villian paling jahat, segment pencurian mahkota ratu inggris dan segment mengalahkan scarlet dan pertemuannya dengan Gru. Dari 3 segment itu, segment pertamalah yangpaling lucu. Selama 30 menit lebih, semua adegan terasa lucunya.

Perbedaan lain, bahasa minion di film ini lebih mudah dipahami karena bahasa minion disini bukan sekedar bla bla bla yang tidak punya makna. Bahasa minion di filmini merupakan potongan potongan bahasa dari seluruh dunia. Bahkan minion mengucapkan kata  bahasa indonesia "Terimakasih". Bagi orang luar, mungkin kata ini dianggap buble word yang tidak punya makna. Banyak bahasa yang dipakai sepotong potong oleh minion. Bahasa yang cukup dominan adalah bahasa inggris, perancis, spanyol dan beberapa bahasa lain yang saya kurang paham.


Kamis, 18 Juni 2015

Puasa masa Anak-anak Era 90-an

Ramadhan 1436 Hijirah telah datang,  saya ingin menceritakan masa anak anak di era 90-an. Masa itu masih SD dan banyak hal menarik saat puasa yang selalu terkenang walaupun saya sudah bukan anak anak lagi.  Waktu saya kecil, ada banyak cerita menarik saat bulan ramadhan. Bahkan sebelum ramadhan pun banyak kenangan menarik.  Diantaranya yaitu tabuh bedug, cari buah dan mengumpulkan makanan, sholat tarawih ngebut dan yang paling utama adalah petasan. Setelah saya dewasa, waktu berubah dan ternyata kebiasaan anak anak sekarang jauh berbeda dibanding watku kecil. Anakah sekarang lebih suka pegang Smarthphone atau main di Gamecenter. 

Tabuh bedug

Saya hidup di lingkunan NU walaupun masa SD saya sekolah dimuhamadiyah. Aneh? Tidak juga! ternyata ini sangat bermanfaat ketika saya dewasa. Saya hidup di lingkungan NU dan muhamadiyah sekaligus, bahkan sekolah SD MI saya didepan masjid NU. Alhamdulillah semuanya damai. Jadi pagi belajar ilmu agama di MI dan malamnya belajar mengaji di NU. Lengkap lah.

Setiap menjelang Ramadhan, ada kebiasaanya di desa saya. Di masjid jami, maka di tabuhlah bedug sehabis ashar sampai menjelang maghrib. Apa Manfaatnya? Dulu, tidak ada TV, internet apalagi, Smarthphone? Hahaha, jangankan smarthphone, nokia aja ga ada yang punya. Maka dengan ditabuh bedug orang tahu bahwa besok sudah masuk Ramadhan. 

Namun, ada yang menarik disini. Biasanya saat tabuh bedug di masjid, anak anak kecil akan berkumpul dan melihat ada pemuda yang menabuh bedug. Aneh sebenarnya, bedug itu kan didengar bukan di tonton, tapi namanya anak kecil waktu itu ga ada hiburan, ya tabuh bedug penanda ramadhan itu sesuatu yang dinikmati 1 tahun sekali.

Ada satu kejadian yang saya ingat sampai sekarang, seperti tahun tahun berikutnya, tabuh bedug dimulai dan anak anak mulai menonton. Nah si pemuda yang menabuh bedug menggunakan pola tabuh bedug yang berbeda dari biasanya. Jadi biasanya begini "dug dug dug duddududug dudududug..dst" nah dia ceritanya mau kreatif dan diganti pola gini "dug dug dugug..klotak..dug dududug..klotak.." kuran lebih seperti itu..agak susah menjelaskannya. Nah lalu imam masjid yang juga tetua didesa bahwa sandal jepit ditangan, lalu tiba tiba pak pak pak..." si penabuh bedug di tampar pake sandal tadi. 

bedug di masjid

Langsung deh anak anak kabur, dan sipenabuh bedug berhenti, diganti dengan penabuh lain yang mengikuti irama standar. Pelajarn hari itu " Orang tua tidak suka perubahan".

Sahur

Ada yang menarik waktu sahur, jadi saat sahur itu ada yang membangunkan, sahur sahur. Terus pasti dihati pembaca bilang:"ah itu udah biasa!" sebenarnnya tidak juga. Karena jaman dulu ga ada listrik. Artinya mereka benar benar meneriakan sahur sambil kentongan jam 3 dan bawa obor keliling desa. Disini, obor memang murni dipakai sebagai penerang, bukan sebagai kosmetik seperti saat ini. 

Sahur seperti biasa  jam 3, kadang sholat shubuh sehabis itu jalan pagi. ini sudah menjadi kebiasaan ditempat saya, acara jalan pagi habis shubuh hanya dilakukan pas ramadhan. Kalau hari hari lain, habis sholat shubuh ya kembali kerumah masing masing.

Kadang, Anak anak sehabis sholat subuh atau bahkan saat waktu sahur, mereka mencari buah yang jatuh dipekarangan orang. Buah-buahan itu diantaranya jambu biji, jambu Air, kedondong, asem, sawo dan yang paling digemari adalah Buah Mangga.  

Waktu kecil, rumah didesa tidak sepadat sekarang, masih banyak pekarangan kosong dan pohon buah buahan. pokoknya asik deh. Buah ini tidak dimakan saat itu juga, namanya juga waktu puasa. Buah biasanya disimpan sampai waktu maghrib.

Waktu siang

Waktu siang dipakai seperti aktifitas biasa. Tidak ada yang menarik disiang hari. Rata rata penduduk desa bekerja sebagai petani, hanya karena puasa bukan berarti petaninya tidak pergi kesawah. Hanya saja biasanya pulang jam 5 sekarang pulannya jam 4. 

Semantara itu, anak sekolah seperti biasanya, acara menarik biasanya sehabis sekolah. Sehabis sekolah biasanya kesawah cari belut atau ikan. Jadi klo dapat, waktu buka bisa makan lauk Ikan. Klo sekarang kan tahu tahu lauk daging,ikan, ayam dah nongol sendiri dimeja makan. Dulu, waktu saya kecil, biasanya anak anak habis sekolah kesawah cari belut atau ikan. Ikan yang didapat inilah yang di goreng dan dijadikan buka. Seru pokoknya. Acara habis sekolah lebih sering dipakai buat membantu orang tua disawah ketimbang bermain, apalagi kalau tidak puasa. 

Acara ngabuburit jarang banget dilakukan waktu itu (saya masih SD). Paling paling main bola sore atau main kelereng. Ingat, waktu itu tidak ada yang namanya Smartphone, Gamenet, internet dan TV masih era jadul hitam putih dengan chanel TVRI menjalin persatuan dan kesatuan. 

Waktu Buka

Waktu buka ditempat kami ditandai dengan bedug magrib. jadi bunyinya seperti ini "tong tong tong tong..dug dug dug..." nah itu tanda maghrib, baru deh muadzin melantunkan adzan. Menu buka saat itu ya seperti kebanyakan warga desa umumnya, nasi, sayur mayur, tahu tempe. Tidak ada buah buahan kecuali yang dicari sendiri habis subuh dan tidak ada lauk ikan kalau tidak cari sendiri abis sekolah. 

Sangat jarang saat itu orang makan dengan lauk Ayam,ikan apalagi daging. Untuk ikan memang agak sering karena cari sendiri dan kadang ada juga yang jualan dalam kondisi sudah digoreng. Tapi makan makanan enak itu tidak tiap hari. Saya masih ingat waktu ada acara 'syukuran' ulang tahun teman saya, Acaranya tumpengan, makan bareng dan lauknya telur satu di belah jadi 4 :) . jadi masing masing anak cuman dapat 1/4 telor asin. biasanya cuma ada beberapa telur. Tapi asik juga sih.

Shalat Tarawih

Dari semua kegiatan ramadhan, yang masih sama sampai sekarang adalah sholat tarawih. Shalat kami di masjid NU, sehingga jumlahnya 23 rakaat. Permasalahannya sholatnya ngebut kecepatan 100km/jam (cuman ibarat aja sih). Jadi sholat tapi tidak tumaninah. Padahal sekarang kita tahu kan, tumaninah itu rukun sholat. jadi klo sholatnya tidak tumaninah kira kira sholatnya gimana? 

Permasalahannya bukan 11 atau 23 rakaat. Permasalahannya 23 rakaat tapi selesainya sama dengan yang 11 rakaat. Ngebut luar biasa. Sayang sampai saat ini masih berlangsung seperti ini. Seandainya sholatnya tetap 23 rakaat dan sholatnya tenang, santai insyaAllah lebih bagus. tapi kamu  tahu sendiri kan? 

Petasan

Sekarang petasan sudah berganti kembang api. Jadi yang ramai langitnya. Jaman saya kecil, petasan dijual bebas termasuk Bubuk mesiunya. Kebanyakan anak anak tidak membeli petasan tapi meracik petasan sendiri. Caranya gimana? mereka beli bubuk mesiu, terus buku buku sekolah yang sudah tidak dipakai, dijadikan bahan dasar petasan tersebut.


Kadang, petasannya berukuran besar,bahkan seukuran paha orang dewasa. Petasan jenis ini hanya dinyalakan di event khusus, misal pas malam takbiran. malam takibran itu rasanya seperti dalam kondisi perang. kenapa? karena kalau petasan yang ukuran paha orang dewasa itu diledakan, getarannya sampai saka guru rumah itu bergetar. Itu yang bikin ibuku tidak suka. Maklum, waktu itu rumah kami rumah bambu. Tapi suasana malam takbiran dengan petasan dimana mana sudah tidak bisa ditemui lagi. Sekarang berganti kembang api. 

Sisi negatif dari hal ini adalah jalanan sangat kotor karena dipenuhi ledakan kertas dimana mana, dan munkin itu salah satu penyebab saya dan angkatan saya bodoh. Karena buku sekolah dijadikan petasan. 

Jenis Jenis Puasa

Bagi anak kecil, puasa itu ada tingkatannya, misalkan anak SD kelas TK sampai sd kelas 2 itu puasa ting ting. Bukan ayu ting ting loh. Jadi biasanya anak kecil ikut bangun pas sahur jam 3, lalu tidur lagi. Nah saat mau berangkat sekolah jam 7 pagi sudah sarapan :) . puasa ting ting artinya "Puasa esuk esuk wis nyanding cething". Puasa, tapi pagi pagi udah sarapan, cething sendiri waktu itu adalah alat untuk menanak nasi. Semuanya serba manual, tidak pake gas atau kompor minyak, tapi pake kayu bakar. Waktu itu yang pake kompor minyak udah disebut orang kaya, apalagi yang pake gas :).

Jenis puasa kedua adalah puasa mbedug. Puasa yang hanya sampai sampai jam 12 siang (dhuhur). Setelah puasa mbedug baru puasa bolong bolong. Setelah itu baru puasa penuh. Jaman saya kecil, anak SD kelas 2 sudah diajari sholat, diajari puasa, baca quran dan dibiasakan sholat kemasjid saat magrib dan isya. Artinya, setelah lulus SD, mereka dah tahu dasar dasar kewajiban agama. Kalo sekarang bagaimana ya?


Kira kira begitulah gambaran kecil ramadhan masa kecilku.Ini ceritaku, mana ceritamu?

Rabu, 17 Juni 2015

Daftar Dinosaurus di Jurassic World (2015)

Sebelumnya, saya telah mereview tentang jurassic world , sekarang mari kita lihat spesies dinosaurus yang muncul di jurassic world. ingat, di sini banyak SPOILER. jika anda belum menonton Jurassic world, disarankan tidak membaca artikel ini.

Indominus Rex
Dino ini adalah dino hibrid, artinya dino ini tdak pernah ada dimuka bumi. Ceritanya dino ini adalah dino kombinasi dari T-Rex, Dino ini sangat pintar karena punya DNA ular, Bunglon, TRex dan Veloceraptor.

Indominus Rex

TRex
TRex di Jurassic World muncul di akhir cerita. Di tengah cerita ada adegan TRex makan kambing, namun karena adegan ini mirip dengan adegan di jurassic park pertama, bagian ini cuma dijadikan backround scene saat zach telepon ibunya. Ingat, di Jurassic World , bintan utamanya adalah Idominus Rex

Trex

Velocireptor
Sejak film pertamanya, bersama TRex, velocireptor menjadi co-star. Di film ini, Velocireptor dilatih oleh Owen agar menuruti perintahnya. Berbeda dnegan film sebelumnya, Velocireptor adalah kawan dan membantu team Jurassic Wold melacak Indominus Rex.

Velociraptor

Apatosaurus
Di film sebelumnya sepertinya hewan ini dipanggil brontosaurus. Hewan ini makan rumput dan daun daunan, tidak berbahaya bagi manusia. Anggap saja apatosaurus adalah sapi raksasa. Di film ini,apatosaurus di bantai oleh Indominus Rex

Apatosaurus
Mosasosaurus
Jika anda melihat trailler jurassic world, anda bisa melihat "Buaya raksasa" yang memakan ikan hiu? yup, itulah mosasosaurus. Ini adalah reptil purba di jaman jurassic yang hidup di laut. Hewan ini punya peran penting di film Jurassic world.

Mosasosaurus

Pteranodon
Dino yang bisa terbang ini merupakan salah satu musuh manusia di Jurassic Park III. Di jurassic World, petranodon ini lepas dari kandang dan menyerang manusia. Adegan serangan peranodon ini sangat asyik di tonton.
pteranodon

Triceratops
dinosaurus ini mirip dengan badak modern, ukurannya seukuran badak saat ini atau gajah. Hewan ini tidak berbahaya karena termasuk herbivora. Di film ini, anak anak bebas bermain dan menunggang Triceratops.

triceratops

Stegosarus
Dinosaurus herbivore yang punya rumbai rumbai diatas punggungnya. hewan ini seukuran TRex, namun tidak berbahaya bagi manusia jika tidak diganggu.

stegosaurus
Dinosaurus lain
Ada beberapa dinosaurus lain yang tidak saya tampilkan gambarnya disini.


  1. ankylosaurus
  2. baryonyx
  3. dimorphodon
  4. edmontosaurus
  5. gallimimus
  6. metriacanthosaurus
  7. microceratus
  8. pachycephalosaurus
  9. suchomimus
9 dinosaurus ini tidak terlalu kelihatan di Jurassic world, namun kadang hanya muncul beberapa detik atau muncul secara tidak langsung di hollogram. Jika anda ingin mempelajari seluruh dinosaurus diatas, anda bisa mengunjungi http://www.jurassicworld.com/dinosaurs.





Senin, 15 Juni 2015

Review Jurassic World (2015)

Jurassic World adalah film keempat dari francise Jurassic Park. Film ini menceritakan tentang kesuksesan taman Dinosaurus di pulau Isla Numbar yang sudah direncanakan sejak 20 tahun yang lalu oleh Jhon Hammond. Jurassic World sudah buka sejak 10 tahun yang lalu, namun pengunjung terus berkurang dan biaya pengelolaan taman terus membengkak. Agar Perusahaan InGen bisa mendapat keuntungan, mereka berusaha membuat dinosaurus baru di Lab dengan tagline " lebih banyak gigi, lebih besar dan lebih buas".

Sinopsis

Permasalahannya, DNA dari dinosaurus yang didapat dari fosil sebenarnya tidak sempurna, maka agar mereka tetap membuat dinosaurus, mereka mencampurkan Gen dari reptil modern untuk menutup kekurangan di DNA dinosaurus. Pada akhirnya, mereka sukses membuat dinosaurus baru dengna kombinasi beberapa dinosaurus yang lebih besar dari TRex dan lebih pintar dari Veloceraraptor. Mereka menamainya dengan Indominus Rex.

Penanggung jawab dari program ini adalah Claire Dearing yang diperankan oleh Bryce Dallas Howard serta ahli Veloceraptor Owen Gray yang diperankan oleh Cris Pratt. Dua bintang muda yang memerankan keponakan Claire adalah Nick Robinson memerankan Zach  Mitchel dan Ty Simpskin memerankan Grey Mitchel. Pada saat bersamaan keponakan dari Claire datang ke taman dan berharap claire bisa menemani mereka berkeliling keseluruh taman dinosaurus yang ada. Sayangnya, Claire sibuk dan keponakannya itu diserahkan ke assistennya.

Pada saat bersamaaan,Indominus Rex ini lepas dari kandangnya dan membahayakan para pengunjunga taman, bagaimana caranya mereka menghentikan Dinosaurus yang lebih ganas dari TRex? silahkan tonton sendiri.

Apakah Filmnya Bagus?

Film ini dibuat persis 20 tahun sejak kejadian di Jurassic Park pertama yang tayang tahun 1993. Film ini sangat mengandalkan efek CGI, walaupun efeknya sangat bersih dan realistik, tapi efek praktis yang digunakan di Jurassic park pertama jauh realistis. Dilihat dari alur cerita, Jurassic World seakan akan mengulang cerita 3 film sebelumnya dan dibuat dalam film baru dan mengganti TRex dengan Indominus Rex.

Secara efek, film ini sangat bagus, bahkan setelah film selesai, para penonton tepuk tangan yang artinya puaslah dengen filmnya. Namun dari sisi cerita, saya agak kecewa. Bagian kecewa ini akan saya bahas di Spoiler review. Bagi yang punya anak dibawah 10 tahun, film ini cukup seram karena banyak adegan darah di film ini. Adegan yang paling seram adalah saat Rex memakan penjaga taman,saya yakin klo anak kecil yang nonton akan ketakutan.

Jika saya rating, film ini saya beri point 7/10. Klo saya bandingkan dengan 3 film sebelumnya, saya urutkan berdasarkan yang paling jelek ke yang paling bagus adalah sebagai berikut :Jurassic Park 2, (1997),Jurassic World (2015), Jurassic Park 3 (2001) dan Jurassic park  Original (1993). Film jurassic park yang tayang 20 tahun lalu tetap jauh lebih bagus bahkan kalau ditonton saat ini sekalipun.

Trailer



Review Spoiler

Film ini diawali dengan kepergian kakak adik yang akan bertamasya ke jurassic word. Mereka adalah keponakan dari Claire. Saat mereka sampai sana, claire justru sedang sibuk meyakinkan investor dan bosnya bahwa dinosaurus yang baru akan lebih buas, cerdas dan lebih besar dari Trex. Dua keponakan dari Claire di titipkan ke assistennya.

Karena merasa tidak bebas dan terus diawasi, mereka berdua lepas dari pengawasan assisten. Mereka pergi sesuka hati dan bermain di berbagai taman yang ada. Pada saat yang bersamaan, Indominus Rex lepas dari kandang. Tim keamanan taman berusaha melacak Dino ini dan berusaha menangkapnya hidup hidup. Owen gray yang ahli dibidang dinosaurus bilang bahwa Rex harus dibunuh, bukan hanya dilumpuhkan.

Owen melihat sendiri bagaimana cerdasnya Rex. Rex bisa menurunkan suhu tubuh sehingga tidak terdeteksi radar panas, mendeteksi mangsa (termasuk manusia) dari panasnya (mirip ular) dan mampu beradaptasi dengan lingkungan seperti Bunglon. Selain itu, Rex juga mempunyai Gen Veloceraptor sehingga Dino ini benar benar Hybrid.

Jika diringkas, Menonton Jurassic World sama dengan menonton Trilogi Jurassic Park dengan perbedaan di sisi teknologi dan pelakunya saja. mari kita analisa satu persatu.

Si adik yang ahli Dinosaurus

Seperti difilm pertamanya, Grey mitchel, adik dari Zack sangat tertarik dengan dunia dinosaurus. Dia sangat terobsesi dengan dinosaurus, sedangkan si kakak tipikal Ignorant, bodo amat dengan Dinosaurus, si kakak matanya terus jelalatan cari cewek. Klo di film pertamanya, si kakak perempuan memang dumb as hell dalam masalah dinosaurus namun mengerti dunia IT.

Dimakan setelah Rex Keluar kandang

Di film pertamanya, supir dari kakak beradik lari meninggalkan mereka berdua di mobil dan sembunyi di toilet. Tapi akhirnya termakan juga, di film ini, sang penjaga kandang Rex lari dari kandang dan sembunyi di belakang mobil, namun akhirnya termakan juga. Perbedaanya, proses dimakannya di film pertama ga keliatan, tapi klo di film ini, penjaga tamannya bener bener keliatan dimakan Rex dengan darah muncrat dimana mana.

Dikejar Rex


Di jurassic Park (1993), dua bersaudara terparangkap dalam mobil otomatis dan sang kakak panik lalu dia berusaha menghidupkan lampu senter yang membuat TRex berusaha memakan mereka. Di film ini, dua bersaudara menggunakan kendaraan Bola kaca modern yang bergerak otomatis. Mereka hendak dimakan Rex saat clair menelpon Zack. 

Memburu Rex

Adegan ini mirip dengan film Jurassic park 2. Saat itu, InGen memburu Trex dengan pasukan lengkap, namun akhirnya justru mereka yang diburu TRex. Di film ini, para pemburu berusaha menangkap Rex hidup hidup karena Rex adalah aset yang sangat mahal. Sudah ketebak kan? Mereka dibantai habis oleh Rex.

Di serang Pteranodon

Masih ingat adegan sarang burung di Jurassic Park 3. Yah , adegan ini muncul lagi, setelah kandang burung Pteranodon menyerang taman dan membawa para pengunjung. Jika anda menonton jurassic park 3, ada adegan dimana anak kecil dibawa Oleh pteranodon. Film ini juga tidak jauh berbeda, namun pteranodon ini jauh lebih banyak.

Trex Vs Rex

Di film ketiga, Trex Ceratosaurus berkelahi dengan Trex dan TRex kalah terbunuh. Di film ini, Trex melewan Rex, dibantu oleh veloceraptor, mereka akhirnya sukses mengalahkan Rex. Sukses mereka juga karena bantuan mosasaurus yang memakan Rex, Dinosaurus yang hidup di air, Jika anda lihat trailernya Buaya Raksasa yang memakan ikan hiu, itulah Mosasaurus.

Ending TRex

Film ini diakhiri dengan penyelamatan para pengunjung taman dan TRex kembali Mengaum persis seperti film pertamanya.

Adegan yang menarik

Walaupun banyak adegan yang sama dengan adegan di film sebelumnya, namun masih banyak adegan fresh dan menarik disini. Semua adegan yang ada veloceraptor sangat menarik untuk ditonton. Dari adegan bagaimana owen melatih Veloceraptor, adegan perburuan Rex, adegan perkelahian terakhir juga sangat menarik. Veloceraptor di film ini diposisikan seperti anjing yang bisa dijadikan teman saat berburu. 

Adegan kedua adalah adegan saat indominus Rex keluar dari kandang, Wow, keren banget apalagi pas penjaga gandang dimakan hidup hidup. Adegan dari Rex yang lain adalah saat diburu oleh InGen, dia berkamuflase seperti bunglon. 

Adegan terakhir yang cukup asik di tonton adalah saat burung pteradonodon menyerang manusia dan tentara berbalik menembaki petranodon. Cool !

What the Hell moment!

Walaupun secara umum film ini tidak terlalu mengecewakan, namun kekurangan paling nampak dari film ini ada pada dua tokoh kakak adik Zack dan Grey Mitchel. Mereka berdua tidak menampakan kesan takut dan kurang terasa rasa takutnya. Berikut ini adalah adegannya:

Saat mereka di kejar Indominus Rex yang lebih ganas, lebih besar dan lebih buas dari Trex, setelah mereka loncat dari air terjun, mereka masih sempat santai dan ketawa. What the hell? Jangankan dikejar dino, Saya dikejar anjing atau dikejar harimau aja sepertinya bisa Trauma seumur hidup, ini dikejar Monster masih santai. Kalau saja jadi sutradaranya, saya suruh ulang 100x adegan ini agar terasa real. Coba bandingkan adegan ini dengan jurassic park pertama. Kakak adik di film pertama benar benar menghayati perannya. Expresi takutnya tidak dibuat buat.

Adegan lain adalah saat kendaraan bola ini mau dimakan oleh Rex, Coba lihat trailernya dan melihat expresi wajah mereka. Bayangkan, Meraka sudah dimulut Rex dan si kakak ini sempat sempatnya mau angkat HP dari clair. What the hell? Saya klo dalam posisi itu klo tidak pingsan ya udah kencing di celana.

Yang ketiga adalah kejadian di adegan akhir. Saat claire mengeluarkan Trex dari kandang, jaraknya sangat dekat dengan TRex, hanya beberapa meter. Jika ini kenyataan, baru lari beberapa meter dah dimakan tuh cewek sama TRex.

OK, cukup sampai sini reviewnya. Terlepas dari berbagai kelemahan, film cukup menghiburlah dibanding film lain. Semoga review ini bermanfaat.




Minggu, 14 Juni 2015

Review Better Call Saul (2015)

Better call saul adalah prequel sekaligus Spin-off dari Serial TV Breaking bad. Breaking bad sendiri adalah serial TV amerika yang tayang dari tahun 2008-2013. Breaking bad menceritakan seorang Guru Kimia SMA di amerika yang terkena kangker dan berusaha mengumpulkan uang dengan membuat narkoba agar saat dirinya meninggal, keluarganya sudah punya tabungan. Intinya seperti itu. Dalam bisnis narkobanya, Mr Walter white ini sering berurusan dengan polisi dan kejaksaan serta DEA (BNN nya amerika). Bagaimana caranya agar dia atau anak buahnya lepas dari Polisi, DEA atau kejaksaan? Tentunya dengan menyewa pengacara handal yang pintar ngomong, licik dan banyak akal. Dialah Saul Godman.

DI Breaking bad, saul godman adalah pengacara rendahan namun pintar membebaskan terdakwa semisal bandar narkoba, pencuri dan penjahat kelas teri di negara bagian Albuquerque. Di serial tersebut, kisah bagaimana saul bisa sukses dan bisa menjadi pengacara 'handal' dalam melepas penjahat tidak diceritakan. Intinya saul adalah pengacara yang pintar membebaskan tersangka pengedar atau bandar narkoba.

Melihat potensi dari Saul dan keingintahuan dari para fans breaking bad, maka pengacara nyentrik ini akhirnya dibuatkan serial TV sendiri bernama "Better call saul". Beter call saul sendiri di Breaking bad adalah Iklan TV yang mempromosikan saul godman sebagai pengacara. Walaupun demikian,seandainya anda tidak pernah menonton Breaking bad sekalipun, anda tetap bisa mengikuti alur better Call saul.

Sesi 1 yang terdiri dari 10 episode sudah selesai ditayangkan. Setiap episode berdurasi sekitar 50 menit. Sessi satu menceritakan kondisi Saul 6 tahun sebelum breaking bad. Saul dulunya bernama Jimmy mcGhill, seorang pengacara amatir dan bekerja menangani kriminal Albuquerque.

Pada masa mudanya, jimmy adalah seorang penipu kecil kecilan di Cicerio Illnois, dia bersama Marco temannya menjadi penipu dengan berbagai modus, salah satunya adalah menipu dengan jam rolex palsu. Jimmy pada akhirnya dipenjara, namun kasus dipenjaranya bukan karena kasus penipuan, tapi karena kasus pelecehan seksual. Kakaknya yang pengacara bernama chuck, memebaskannya dan meminta pindah ke Alburquerque dan menjadi officeboy dikantor pengacara HMM yang didirikan oleh chuck dan rekan bisnisnya Hamlin.

Pada saat jadi office boy inilah jimmy ikut kelas jarak jauh (semacam universitas terbuka) dan mengambil jurusan hukum, agar dirinya bisa seperti kakaknya, menjadi pengacara. Sayangnya walaupun dia sudah lulus dan mendapat gelar sarjana hukum, hamlin  tidak mau mengangkat dirinya menjadi pengacara di kantornya. Akhirnya dia keluar dan menjadi pengacara lepas dan mencari client sendiri.

Ada 3 hal utama yang dihadapi jimmy. Kasus pertama adalah kasus penggelapan uang oleh keluarga kettlemen. Mr Kettleman menggelapkan uang perusahaan sebesar 1.6 juta dollar (sekitar 16 Milyar) dan meminta Jimmy sebagai pengacaranya. Namun, Ms Kettleman menyarakan suaminya untuk memilih HHM karena Firma Hukum ini cukup terkenal dan punya kantor yang jelas.

Kasus kedua adalah masalah Nacho dan mijo yang ternyata adalah gang dari Tuco salamanca. Bagi fans Breaking bad, pasti tahu siapa itu Tuco salamanca. Saat ini, baik saul, kepolisian di New Mexico belum tahu apa bisnis dari Tuco. Sayangnya sampai akhir cerita, kasus ini belum tuntas, terutama permasalahan dengan Nacho. Nacho adalah anak buah tuco salamanca. Seperti kita tahu, tuco tewas di session 2 Breaking bad, namun Nacho tidak pernah hadir di Breaking bad. Artinya sutradara sengaja menyimpan nacho untuk session kedua.

Kasus ketiga adalah kasus fraud atau penipuan yang dilakukan oleh pihak Pantai jompo kepada penghuni rumah jompo. Penghuni rumah jombo dikenai biaya yang tidak wajar sehingga Jimmy merasa bahwa mereka dirugikan. atas ulah pengelola pantai jompo sandpiper. Kasus ini juga belum selesai bahkan masih berkembang.

Sepertinya session 1 mengambil waktu timeline 6 tahun sebelum breaking bad agar penulis cerita bisa menjaga plot jika pihak TV ingin membuat sessi 2. ternyata benar, 3 masalah di session satu tidak ada yang tuntas.  Bagi yang tidak pernah menonton breaking bad, semua terasa mengambang, namun bagi para fans breaking bad, mereka tentu sangat menikmati jalan cerita Better cal saul. Hal hal menarik bagi fans breakin bad bukan hanya asal muasal Saul yang ternyata punya nama asli Jimmy McGill, namun juga awal pertemuan Saul dengan  Mike Ehrmantraut, Pembantu saul serta anak buah dari Gustavo fring, bandar narkoba kelas kakap yang sangat rapih dalam menyembunyikan operasinya.  Kita bisa tahu awal siapa sebenarnya Mike, mengapa di Breaking bad mike begitu sayang dengan cucunya.


Saya justru berpikir bahwa Better call saul lebih tepat disebut Saul and Mike history. Mengapa ? karena pada kenyataannya, dua tokoh ini mempunyai peran dan porsi yang cukup besar di better cal saul.

Secara penilaian, saya memberi point 7/10 dari Better call saul. Mengapa? Karena 3 alasan diatas. semua cerita inti di sessi  1 tidak ada yang tnntas, semua dibuat mengambang dan dijadikan pondasi untuk sessi berikutnya. Pada awalnya, saya berharap Nacho tewas terbunuh, atau Kettleman di rampok oleh nachos, tuco salamanca bertransaksi narkoba dan sejenisnya.  Film ini cocok bagi pencinta film hukum dan Serial breaking bad, namun bagi yang tidak mengikuti breaking bad, film ini terasa boring dan tidak mengena. Semoga reviewnya bermanfaat.