Selasa, 27 November 2012

It's Kind Of Funny Story (2010)

Pernahkan kita merasa beban hidup begitu berat? Stress melanda tiap hari karena masalah keluarga, kuliah, pekerjaan atau masalah hubungan kita dengan kekasih kita?  Atau yang lebih akut lagi kombinasi dari hal diatas? Pusing tujuh keliling kan? apalagi ketika anda masih muda, seakan akan kitalah yang mendapatkan porsi masalah paling besar dibanding orang lain. 

Tidak jarang banyak orang menjadi stress, gila bahkan bunuh diri. Yup, itulah yang digambarkan dalam film ini. It's Kind of funny story bercerita tentang seorang ABG SMA bernama Craig. Craig adalah anak SMA yang stres karena dituntut ayahnya menjadi pebisnis sedangkan dia merasa bahwa bisnis bukan lah bakatnya. Disisi yang lain, cewek yang ditaksirnya justru suka dengan teman akrabnya yang memang mempunyai segudang talenta. 

Sampai suatu malam dia bermimpi bunuh diri dengan cara meloncat dari jembatan, lalu dia terbangun dan menuju gedung perawatan mental (Semacam rumah sakit gila) dan meminta dokter untuk tetap menahannya di RS tersebut karena dia takut bunuh diri kalau keluar dari RS.

Saat Craig tahu bahwa ternyata di RS tersebut kondisinya jauh lebih tidak  nyaman karena banyak orang stress, gila dan berbagai penyakit mental lainnya, dia minta keluar secepatnya , namun dokter tidak membolehkannya. Disitulah dia belajar bahwa masing masing orang punya tekanan hidup masing masing. Ada yang karena masalah keluarga, masalah keuangan dan berbagai penyakit gila yang tidak terpikir sebelumnya. Disitulah dia baru sadar bahwa masalah yang dihadapinya itu sangatlah kecil dibanding dengan masalah yang dialami oleh pasien lain. 

Cerita menjadi seru karena didalam RS tersebut juga ada seorang gadis Ceritanya seorang a aktris yang depresi hingga ingin bunuh diri  dan dari sinilah cerita sebenarnya dimulai ketika dia bisa memulihkan dirinya sendiri dan memberikan pengaruh positif bagi pasien lain. Pelajaran penting disini:" seberat apapun masalah yang kita hadapi, pasti banyak yang lebih berat masalahnya dibanding kita. Kita diputus pacar? banyak yang berkeluarga tidak lama lalu cerai. Kita punya hutang 10 juta kebank? ah masih banyak yang punya hutang ratusan sampai miliaran. Kita hidup miskin dengan rumah gubuk? masih banyak yang tidak punya rumah. Kita makan sehari dua kali hanya dengan nasi dan lauk tempe. Ah, masih banyak anak anak di afrika yang tidak mesti dapat makan sekali sehari. 

intinya, matahari masih terbit dari timur, teman kita masih tersenyum ketika bertemu dan keluarga kita masih ada dan mendukung keputusan kita. Ingat, dunia tidak berakhir hanya karena masalah yang kita hadapi. Move on DUDE!

Satu pesan lagi, karena saya seorang muslim, saya cuman mengingatkan, bahwa dibalik kesulitan pasti ada kemudahan dan PASTI dibalik kesulitan itu ada kemudahan!  Rencana Allah pasti lebih indah dan lebih baik  dari rencana kita :)

berikut ini potongan adegan disaat para pasien menyanyikan lagu Under pressure dari Queen. Scene ini merupakan inti dari film It's Kind of funny story.

0 comments: