Jumat, 08 Maret 2013

Jika aku tua nanti

Bagi yang diberi umur panjang, menjadi tua itu pasti,tapi kira kira, tua seperti apa yang kita inginkan? Bagi kita yang masing muda, lihatlah orang orang tua disekitar kita. Bagaimana kondisinya sekarang? Tentunya tua yang saya maksud adalah era tua diatas 60-an. Coba kita lihat dulu kondisi orang tua yang ada disekitar kita

Sakit menahun/ sakit sakitan 
Hidup tua dan sakit sakitan serta membebani keluarga baik langsung maupun tidak langsung, semoga saya tidak termasuk kelompok ini besok.

Hidup menggelandang dan mengemis
Saya heran dengan banyaknya nenek nenek dan kakek kakek yang menggelandang dan mengemis di jalan jalan. Bagaimana waktu muda mereka gunakan? atau memang mereka hidup sebatang kara? atau memang anak anaknya sudah tidak memikirkan lagi? Semoga saya tidak termasuk menjadi orang tua jenis ini besok.


Hidup dipantai jompo!
Orang yang sudah hidup dipantai jompo seakan akan tinggal menunggu ajal. Mereka menjadi pikun dan dirawat layaknya bayi.  Tentunya hal ini tidak saya harapkan dan saya berdoa semoga tidak menjadi salah satu anggota pantai jompo.


Hidup kembali ke desa menjadi petani 
Ini sedikit lebih baik dari 3 kondisi sebelumnya. Punya sawah atau kebun dan tiap pagi beraktifitas merupakan hal yang sangat menggembirkaan. Seperti simbah samping rumah, umurnya sudah tua, tapi tetap kuat pergi ke kebun dan kesawah. Tua yang produktif. Harapan saya minimal seperti ini.

Pensiun dan Merawat cucu 
hidup kecukupan, sudah tidak butuh uang dan mendedikasikan untuk keluarga? ya bagus sekali memang, tapi lebih bahagia kalau bisa tetap berguna untuk masyarakat

Menjadi Tokoh, Ulama atau profesor
manjadi tua dengan ilmu yang banyak. Nah inilah yang saya harapkan. semoga Allah mengabulkan. Menjadi ulama, atau profesor di masa tua, terhindar dari pikun dan bisa bermanfaat sampai detik terakhir kematian. Masih bisa memberi nasehat bahkan setelah mati dengan karya dan buku buku. Semoga, jika saya diberi umur panjang, saya bisa menjadi tua seperti ini. Amin!.


0 comments: