Langsung ke konten utama

Mengenal Lembaga dan Departemen Amerika Serikat di Film Hollywood



Bagi yang suka nonton film Hollywood pasti sering dengan Lembaga The Fed, FBI, CIA, IRS, NSA dan berbagai macam lembaga resmi lainnya yang sering muncul di film film Amerika. Sebenarnya Apa sih tugas lembaga tersebut? Mari kita tengok satu persatu 


CIA Central Intelligence Agency 
CIA bisa disamakan dengan BIN di Indonesia. Perbedaannya, CIA beroperasi fokus di Luar negeri Amerika. Operasi yang dilakukan adalah operasi Intelejen, Memata matai negara lain atau tugas tertentu yang bermanfaat untuk kepentingan Amerika. Secara teori CIA tidak bisa melakukan penangkapan / Penahanan di luar negeri karena itu diluar wilayah hukum US, namun beberapa kasus yang sempat merebak menunjukan CIA punya agen yang bisa melakukan " Pembersihan" atau Penghilangan seseorang. Karena ini operasi Intelejen, sangat sulit menentukan kebenarannya karena STANDAR dari operasi Intelejent adalah " Membantah"  dan "Menolak Mengakui" Jika Agen lapangannya tertangkap atau terbunuh. 

DEA (Drug Enforcement Administration )
Singkatnya adalah Badan Narkotika Nasionalnya Amerika. Tugasnya sama dengan BNN di Indonesia. Biasanya muncul di film film yang berhubungan dengan Kartel Narkoba Mexico atau peredaran narkoba. 

FBI  Federal Bureau Of Investigation
Adalah Lembaga Federal (pemerintah pusat) yang bertugas melakukan investigasi kasus atau masalah yang mengancam Negara Amerika, terutama dari dalam negeri. Masalah yang berhubungan dengan kejahatan lintas Negara bagian, Kartel Narkoba, Terorisme dan masalah besar lainnya. Biasanya FBI mengambil kasus besar di Kepolisian Negara bagian karena kepolisian dianggap tidak mampu.

IRS (Internal Revenue Service)
Singkatnya Dirjen Pajak Amerika. Sering muncul di film film tentang Pajak dan penggelapan pajak atau kasus kasus pencucian uang yang berhubungan dengan transaksi ilegal.

LAPD (Los Angeles Police Departemen)
 Sama dengan NYPD, hanya saja untuk kota Los Angeles. 

NSA (National Security Agency )
Agen Keamanan Nasional adalah lembaga yang bertugas mencari, mengumpulkan, memonitor, memfilter sumber sumber data dari luar negeri utnuk operasi Intelejen. Fokus dari NSA adalah mengumpulkan data yang mana data ini dipakai oleh Lembaga lain seperti FBI atau CIA.  Salahsatu kegiatan dari NSA adalah menyadap telepon, trafik jaringan internet ataupun memonitor Camera pengawas di seluruh Amerika.


NASA (National Aeronautics and Space Administration) 
Badan Antariksa Amerika, merupakan badan yang fokus pada penelitian seputar explorasi angkasa luar (seperti proyek ke Mars, Peluncuran satelit dan sebagainya). Sangat sering muncul di film film science fiction. 


NYPD New york Police Departemen
Departemen kepolisian Kota Newyork, kalao di indonesia mirip dengan Kantor kepolisian di tingkat Kota atau Propinsi (semacam Resor atau Kantor Polda).  Sangat sering muncul di film film yang berhukuman dengan Kejahatan bersenjata. 

Sampai sini dulu, kapan kapan disambung


Komentar

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)

Postingan populer dari blog ini

Arti kata Fuck

Fuck adalah kata paling kotor yang sekaligus paling populer diseluruh dunia. Biasanya kalo ditulisan, di sensor menjadi f*ck dan jika diucapkan entah di radio, acara atau TV diganti menjadi "F World" atau *Beeeb* alias kena sensor.
Tujuan dari tulisan ini Murni Untuk PENGETAHUAN. TULISAN INI BUKAN UNTUK MEMBUDAYAKAN MENGUCAPKAN FUCK, tapi memahami arti dari kata ini tergantung pada kontek kalimat Sehingga ANDA PAHAM MAKNANYA. HINDARILAH MENGUCAPKAN KATA FUCK dan gunakan bahasa inggris yang sopan. UMUMNYA KATA INI TIDAK DIGUNAKAN DALAM BAHASA INGGRIS FORMAL NAMUN LEBIH SERING DIGUNAKAN DALAM PERCAKAPAN INFORMAL. SEKALI LAGI JANGAN GUNAKAN KATA INI DALAM TULISAN ATAUPUN PERCAKAPAN ANDA!.
Kata Fuck mempunyai banyak arti yang berbeda sesuai dengan konteks kalimat. Berikut ini adalah contoh dan konteksnya yang saya ambil dari dialog film atau meme di internet. Arti kata fuck bisa berarti hubungan seksual, brengsek/ bajingan, penekanan pada kata sesudahnya, Sial/payah, berarti sa…

Panduan Cara Naik Pesawat Untuk Pemula

Setiap hal yang kita lakukan pasti ada yang pertama, termasuk dalam hal naik pesawat. Panduan ini saya tujukan buat yang baru pertama kali MAU naik pesawat. Bagi anda yang sudah sering naik pesawat, mungkin artikel seperti ini tidak ada manfaatnya, namun bagi yang pertama kali, InsyaAllah sangat bermanfaat. Artikel ini saya susun berdasarkan pengalaman pribadi dan bagi yang lebih berpengalaman, saya akan senang hati menerima masukan dan tambahan info.


Panduan ini akan saya bagi menjadi beberapa bagian yaitu; 1. Beli tiket 2. Check in 3. Boarding 4. takeoff 5. Di pesawat 6. Landing 7. Transit 8. Pembatalan dan penundaan 9. Refund 10. Lain lain 1. Beli tiket  Membeli tiket pesawat saat ini sangat mudah, anda bisa langsung membeli tiket di situs maskapai atau di situs seperti traveloka dan utiket. Jika anda tidak bisa pesan online, silahkan datang ke agent travel atau ticketing. Jasa pembelian tiket ini tersebar di berbagai kota besar dan kecil di indonesia.
Pembelian tiket ini di sarank…

Cara beli Tiket Bioskop Dengan M-TIX

Saya yakin sebagian besar penonton Bioskop biasanya antri untuk melakukan pembelian tiket. Tidak ada yang salah dengan antri, hanya saja tidak ada jaminan bahwa anda akan mendapatkan tiket setelah antri panjang terutama untuk film film box office yang sedang populer seperti Furious 7 atau sebentar lagi Avenger 2.

Bagi kamu kamu yang sering nonton, lebih baik gunakan layanan M-TIX tanpa harus repot antri. M-TIX adalah layanan penjualan tiket bioskop di jaringan 21 dengan menggunakan SMS, Telpon ataupun pesan lewat web. Panduan di artikel ini fokus pada dua hal yaitu cara menjadi anggota M-TIX dan cara pesan tiket lewat Web.

Cara menjadi Anggota M-TIX
Cara menjadi anggota M-TIX cukup mudah, datang saja ke bioksop yang melayani M-TIX dan bilang ke bagian layanan M-TIX ingin mendaftar. Bagaimana kita bisa tahu bioskop tersebut melayani M-TIX? Cara pertama, cek di webnya, jika anda melihat jadwal dan jam tayang bisa diklik dan bisa dilakukan lewat M-TIX, berarti bioskop mendukung, cara yang…